--> Skip to main content

Resep Nasi Telur Ayong 999 yang Viral ala WillGoz MasterChef

Resep Nasi Telur Ayong 999 yang Viral ala WillGoz MasterChef
Foto: Youtube

Beberapa waktu lalu, nasi telur dari rumah makan ayong 999 yang berlokasi di Pontianak, sempat ramai diperbincangkan jagat dunia maya. Begitu istimewanya sajian ini mampu membuat banyak orang rela antre berlama-lama. Namun sebenarnya apa keistimewaan makanan yang satu ini?

Harga nasi telur ini cukup murah, yaitu hanya Rp 7.000 saja. Berisi nasi, telur dan beragam sayuran yang ditumis. Sekilas terihat biasa, namun ternyata memiliki cita rasa unik yang membuat setiap orang ingin merasakannya. Terutama dengan tambahan bumbu khas Pontianak yang membuatnya spesial.

Chef WillGoz, salah satu jebolah MasterChef Indonesia mencoba berbagi resep nasi telur ayong 999 versinya sendiri. Ternyata caranya sangat mudah. penasaran?

Bahan-bahan


Sebelum memulai, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan. Diantaranya adalah:

  • Sepiring nasi
  • Minyak goreng 5 sdm
  • Air 50 ml
  • Lada putih 1 sendok
  • 2 batang daun bawang
  • Kecap hitam Bangka 1 sendok
  • Kecap asin setengah sendok
  • Telur dua butir
  • Bawang putih yang sudah dicincang dua siung

Cara Pembuatan



1. Siapkan Daun Bawang

Langkah pertama dalam membuat nasi telur ayong 99 versi WillGoz adalah dengan mencincang daun bawang. Hal ini berbeda dengan versi Nex Carlos yang tidak menggunakan daun bawang. Jadi sebenarnya tidak masalah bila tidak menggunakan daun bawang, karena ini hanya soal selera.

2. Sediakan Dua Butir Telur

Telur yang disiapkan adalah dua butir telur bebek. Namun bila stok sedang kurang atau tidak ada, Anda bisa mencoba cara Chef WillGoz memadukan antara telur bebek dengan telur ayam, dua telur ayam atau dua telur bebek. Tergantung selera dan stok yang tersedia.

Untuk lebih aman, dua butir telur ini sebaiknya dipecahkan dan dimasukkan dalam mangkuk terlebih dahulu sehingga terhindar dari resiko telur busuk. Nasi telur ayong 999 adalah telur ceplok, bukan telur dadar yang perlu dikocok.

3. Siapkan Saus

Tuangkan satu sendok kecap bangka hitam dalam sebuah mangkok. Kecap bangka memiliki perpaduan rasa antara manis dan asin. Bila tidak ada, Anda bisa menggunakan kecap manis biasa setengah sendok makan. Lalu campurkan dengan kecap asin setengah sendok makan. Jangan lupakan satu sendok lada putih, setengah sendok makan bawang putih cincang dan 50 ml air putih. Aduk semuanya hingga rata.

4. Siapkan Penggorengan

Panaskan 5 sendok makan minyak goreng pada penggorengan dengan api yang besar hingga wajan berasap. Kemudian masukkan daun bawang hingga berwara kecoklatan. Selanjutnya masukkan dua telur sekaligus.

Setelah beberapa saat telurnya digoreng dan mengeras, masukkan saus yang telah disipakan sebelumnya. Untuk catatan, jangan sekali-kali memasukkan saus di awal karena akan membuat telur gosong. Siram kuah hingga meresap dan membuat telur menjadi kecoklatan.

5. Siapkan Nasi

Sambil menggoreng, jangan lupa untuk menyiapkan satu piring nasi sesuai porsi Anda. tidak perlu cara khusus dalam menyiapkan nasi.

6. Sajikan

Setelah matang Anda bisa langsung menuangkan telur beserta kuah saus yang masih panas ke dalam satu piring nasi yang telah disiapkan sebelumnya. Tunggu hingga lebih hangat dan nasi telur ayong 999 versi WillGoz siap disantap.

“Nasi telur ayong 999 adalah makanan yang sangat tepat untuk anak kos,” begitu pendapat Chef WillGoz setelah selesai membuat nasi telur versinya sendiri. Rasanya yang nikmat dan harga hanya Rp 7.000. Apalagi terdapat dua telur dalam sepiring nasi tentu terasa cukup mengenyangkan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu resepnya. Sudah siap membuatnya di rumah?
 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar