--> Skip to main content

5 Cara Diet Sehat Menurunkan Berat Badan secara Alami

"Mendapatkan berat badan yang ideal tentu menjadi idaman setiap orang. Berikut 5 cara diet sehat menurunkan berat badan secara alami."
menurunkan berat badan
Woman photo created by rawpixel.com - www.freepik.com

GRam 2.0 - Obesitas atau kegemukan merupakan hal yang tidak pernah berhenti dibahas oleh banyak orang. Kenapa? Karena kegemukan tidak hanya mengancam kesehatan, namun juga dapat memengaruhi citra diri dan kepercayaan diri. Tak heran jika banyak orang berusaha keras untuk menurunkan berat badan dengan berbagai cara.

Lalu bagaimanakah cara menurunkan berat badan secara alami? Berikut 5 cara diet sehat yang bisa Anda coba untuk mengurangi berat badan:

1. Diet Atkins

Diet Atkins merupakan pengaturan pola makan yang berfokus pada makanan yang tinggi lemak dan protein. Diet ini menyarankan Anda meningkatkan asupan makanan yang tinggi lemak dan protein, namun mengurangi asupan karbohidrat. Jadi, Anda dapat mengonsumsi ayam, daging, telur, dan berbagai macam sayur-sayuran. Tetapi Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi banyak gula dan karbohidrat.

Karena jumlah karbohidrat dan glukosa di dalam tubuh sedikit, maka tubuh secara otomatis akan memecah lemak sebagai cadangan energi. Akibatnya, berat badan menjadi lebih cepat turun.

Diet ini terbagi menjadi empat tahapan. Tahapan pertama yaitu tahap induksi. Kemudian dilanjutkan tahap penurunan berat badan (ongoing weight loss), lalu pre-maintenance, dan diakhiri dengan tahap lifetime maintenance.

2. Diet Keto

Diet Keto merupakan jenis diet yang hampir sama dengan diet Atkins. Diet Keto juga berfokus pada konsumsi protein dan lemak yang tinggi serta mengurangi karbohidrat dan gula. Diet ini harus dilakukan secara bertahap, agar tubuh dapat beradaptasi dengan pola konsumsi yang berbeda dengan yang telah dijalani selama ini.

Diet Keto ternyata tidak hanya berfungsi untuk menurunkan berat badan secara cepat dan alami, namun juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu membantu menurunkan kadar gula darah dan mengontrol nafsu makan.

3. Diet GM

Diet GM atau General Motor merupakan diet alami yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dalam waktu singkat yaitu sekitar seminggu. Namun, anda harus benar-benar patuh mengikuti saran diet hariannya.

Hari pertama dalam diet GM, Anda hanya boleh mengonsumsi beberapa buah, kecuali pisang. Kemudian, di hari kedua Anda hanya boleh mengonsumsi sayuran. Lalu di hari ketiga, Anda disarankan hanya mengonsumsi sayur yang dikombinasi dengan buah.

Lalu di hari keempat, Anda hanya diperkenankan memakan pisang dan meminum susu. Selanjutnya, di hari kelima dan keenam, Anda diperbolehkan mengonsumsi beberapa iris daging yang ditambah irisan tomat. Lalu di hari ketujuh, anda dapat mengonsumsi nasi merah atau nasi hitam yang dikombinasikan dengan sayuran. Anda juga dapat menikmati jus buah di hari ketujuh ini, tapi harus tanpa gula.

4. Diet Militer

Diet militer merupakan diet yang berfokus pada makanan rendah kalori dan mengurangi asupan karbohidrat dan gula. Anda dapat mencoba memilih menu seperti secangkir teh hangat tanpa gula yang dikombinasikan dengan roti panggang dengan sedikit selai atau irisan buah untuk sarapan. Selanjutnya untuk makan siang dan malam, Anda dapat mengganti selai roti dengan irisan daging rebus.

5. Diet Zona

Diet ini tergolong diet yang dapat menurunan berat badan dengan cepat tanpa banyak aturan. Diet ini menyarankan Anda untuk mengonsumsi sayur, buah, dan daging saja.

Demikan beberapa diet alami untuk menurunkan berat badan. Selamat mencoba.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar