--> Skip to main content

10 Tanda-tanda Kehamilan yang Muncul Sebelum Telat Haid

Saat hamil, wanita mengalami berbagai tanda kehamilan yang sering tidak disadari. Simak 10 tanda-tanda kehamilan yang muncul sebelum telat haid.
tanda-tanda kehamilan
People photo created by jcomp - www.freepik.com

GRam 2.0 - Telat haid merupakan salah satu tanda utama kehamilan. Namun, sebelum sampai pada fase telat haid sebenarnya seorang wanita yang hamil mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya. Tetapi tidak semua wanita yang hamil memperhatikan dengan saksama. Berikut tanda-tanda kehamilan yang muncul sebelum telat haid:

1. Penciuman Lebih Sensitif


Salah satu dari tanda-tanda kehamilan yang jarang disadari oleh para wanita yang sedang hamil muda yaitu indera penciuman yang sensitif. Hal ini berkaitan erat dengan peningkatan kadar hormon progesteron di dalam tubuh wanita hamil. Sehingga tidak heran jika wanita hamil lebih mudah merasa “eneg” atau ingin muntah saat mencium bau-bau tertentu.

2. Adanya Bercak Darah


Tanda-tanda kehamilan lainnya yang jarang disadari dan justru dianggap sebagai menstruasi adalah adanya bercak darah atau “ngeflek”. Bercak darah ini merupakan salah satu akibat dari adanya penempelan embrio pada dinding Rahim. Namun, tidak semua wanita mengalami hal ini, pada beberapa wanita penempelan embrio pada rahim berlangsung tanpa adanya bercak darah.

3. Kram pada Perut


Penempelan atau implantasi embrio juga menyebabkan kram perut pada ibu hamil. Kram pada perut ini seringkali disalahartikan sebagai nyeri perut menjelang haid. Hal ini dikarenakan waktu implantasi memang hampir bersamaan dengan masa menjelang haid.

4. Mual


Tanda kehamilan yang satu ini dirasakan hampir seluruh wanita yang sedang hamil yaitu mual. Mual atau bahkan muntah pada wanita hamil dipicu oleh tingginya kadar hormon progesteron di dalam tubuh. Namun, jangan khawatir mual dan muntah ini biasanya hanya terjadi pada trimester pertama. Pada trimester berikutnya tanda kehamilan ini sudah semakin berkurang bahkan hilang.

5. Rasa Tidak Nyaman pada Mulut


Wanita yang sedang hamil terkadang juga mengalami perubahan pada indera pengecapan. Terdapat rasa tidak nyaman pada mulut yang membuat selera makan ibu hamil menjadi hilang. Pada beberapa wanita hamil bahkan merasakan adanya “rasa logam” pada indera pengecapan mereka.

6. Payudara Terasa Menegang


Pada wanita hamil, payudaranya juga mengalami perubahan. Payudara terasa lebih nyeri dan tegang. Hal ini berkaitan dengan tumbuhnya kelenjar susu yang nantinya digunakan untuk menyusui. Kondisi ini berkaitan erat dengan kadar hormon prolaktin dan estrogen.

7. Mudah Lelah


Salah satu dari tanda-tanda kehamilan yang sering diabaikan adalah kondisi tubuh yang mudah lelah. Kelelahan ini sering dikaitkan dengan peningkatan kadar hormon progesteron.

8. Pusing


Ibu hamil juga sering merasa pusing. Hal ini dikarenakan melebarnya pembuluh darah yang menyebabkan tekanan darah menjadi turun. Tekanan darah yang rendah dapat menyebabkan suplai darah ke bagian otak juga menurun. Akibatnya, ibu hamil menjadi kekurangan oksigen dan glukosa di otak yang membuatnya menjadi sering pusing.

9. Kehilangan Selera Makan


Tanda awal kehamilan lainnya yaitu hilangnya selera makan. Hal ini bisa diakibatkan karena perubahan kondisi tubuh yang mudah lelah, malas, dan akibat rasa tidak nyaman pada indera pengecapan.

10. Perubahan Mood


Berbagai perubahan hormone yang terjadi pada ibu hamil juga menyebabkan ibu mudah mengalami mood swing (perubahan mood atau suasana hati).

Demikian tanda-tanda kehamilan yang perlu diperhatikan di awal kehamilan. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar