--> Skip to main content

8 Waktu Terbaik Minum Air Putih Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

"Tahukah Anda bahwa ada 8 waktu terbaik untuk minum air putih? Salah satunya adalah saat baru bangun pagi"
minum air putih
Music photo created by freepik - www.freepik.com

GRam 2.0 - Meski terkesan sederhana, memenuhi kebutuhan minum air putih harian sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaatnya adalah untuk memperlancar sistem pencernaan, menyehatkan jantung, diet hingga perawatan kecantikan. Untuk itu Anda harus selalu memastikan bahwa kebutuhan air putih harian selalu tercukupi.

Nah, untuk memaksimalkan khasiatnya, sebaiknya Anda perlu tahu 8 waktu terbaik untuk minum air putih berikut ini.

1. Saat Lapar


Ketika merasa lapar saat belum memasuki waktu makan, Anda bisa mengisi perut dengan minum air putih. bukan sekadar untuk mengganjal perut, pada saat itu sebenarnya Anda hanya merasa haus, namun otak sering kali menangkapnya sebagai rasa lapar. Biasanya setelah minum, rasa lapar Anda akan hilang.

2. Saat Lelah


Kelelahan tidak hanya terjadi saat berolahraga, karena hal ini bisa terjadi kapan saja. beraktivitas di depan komputer atau saat mengerjakan sesuatu dalam waktu yang cukup lama akan mengakibatkan kelelahan dan fokus akan berkurang. Hal ini merupakan salah satu tanda kekurangan cairan tubuh.

Untuk mengatasinya, segera minum air putih sehingga tenaga dan cairan tubuh yang hilang akan segera terisi kembali. Asupan air yang masuk juga akan memberikan rasa segar dan semangat baru dalam beraktivitas.

3. Saat Sakit


Banyak minum air putih saat sakit akan membantu membawa bakteri atau virus yang menyerang keluar dari tubuh. Hal itu akan membuat Anda dapat lebih cepat sembuh dan beraktivitas seperti biasa karena virus dan bakteri yang menyerang gagal berkembang biak dalam tubuh.

4. Setelah Berolahraga


Tubuh akan kehilangan banyak cairan setelah berolahraga, apalagi bila olahraga yang dilakukan tergolong berat. Untuk itu perlu minum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Namun pastikan untuk tidak minum air terlalu banyak pada waktu bersamaan karena hal itu akan berakibat pada keram perut.

5. Saat Terkena Kuman


Bila Anda berada di sekitar orang sakit seperti rumah sakit yang terdapat banyak kuman dan bakteri di sana, hal yang harus Anda lakukan setelahnya adalah meminum air putih lebih banyak dari biasanya. Hal ini perlu dilakukan karena kemungkinan Anda sudah terpapar kuman sehingga butuh banyak minum agar mereka tidak berkembang biak dalam tubuh.

6. Sebelum Berolahraga


Sebelum berolahraga tubuh memerlukan asupan air untuk menjaga suhu tubuh dan terhindar dari dehidrasi saat berolahraga. Namun minum secukupnya saja, sehingga tidak menimbulkan keram perut saat berolahraga.

7. Saat Pertama Bangun


Umumnya, mesin pada kendaraan bermotor akan dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Tubuh juga memiliki sistem kerja seperti itu. Minum air putih adalah cara tubuh untuk ‘memanaskan diri’ sehingga lebih siap dan segar dalam beraktivitas.

Minum air putih saat bangun pagi juga membantu Anda membuang radikal bebas dan residu akibat kalori yang terbakar saat proses metabolisme tubuh saat tidur. Oleh karena itu, pastikan untuk minum setidaknya 1 – 2 gelas air putih setiap bangun pagi.

8. Sebelum Makan


Dengan minum air putih sebelum makan, Anda akan merasa sedikit kenyang karena perut telah terisi lebih dulu. Hal ini tentu sangat baik bagi Anda yang sedang dalam program diet.

Bukan hanya itu, air yang lebih dulu masuk akan membuat perut lebih nyaman dan terhindar dari sakit perut meski mengonsumsi makanan pedas atau asam. Jadi mulai sekarang Anda bisa membiasakan diri minum air putih sebelum makan.

Selalu ingat untuk minum air putih di 8 waktu tersebut karena sangat baik bagi kesehatan. Apalagi mengingat tubuh yang terdiri dari 80% air sehingga memerlukan banyak cairan. Sudah berapa gelas Anda minum air putih hari ini?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar