--> Skip to main content

Bukan Hanya Jeruk, 8 Buah Ini Kaya Kandungan Vitamin C

"Apakah Anda tahu kalau jambu biji adalah buah yang mengandung vitamin C 2x lipat lebih besar dibandingkan jeruk?"
buah mengandung vitamin c
Background photo created by freepik - www.freepik.com

GRam 2.0 - Jeruk selama ini dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Padahal ada banyak buah mengandung vitamin C lebih tinggi dibandingkan jeruk. Kandungan vitamin C pada jeruk sedikitnya adalah 59 – 83 mg untuk setiap buah. Kandungan tersebut masih lebih sedikit jika dibandingkan pada satu buah jambu biji yang mengandung 209 mg vitamin C.

Perlu diketahui, vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk aktivitas sehari-hari. Beberapa manfaat vitamin C di antaranya adalah menjaga kesehatan mata, mencegah penuaan dini, meningkatkan sistem imun dan memperbaiki sel kulit yang rusak.

Nah, buah apa saja yang mengandung vitamin C lebih tinggi dibandingkan jeruk? Berikut ini 8 di antaranya.

1. Pepaya


Buah yang besar dan umumnya berbentuk lonjong ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang cukup besar. Sedikitnya, satu buah pepaya mengandung 94 mg vitamin C. Selain itu ada kandungan lain yang terkandung di dalamnya seperti kalsium, vitamin A, vitamin B, dan kalium yang memiliki manfaat baik bagi pencernaan.

2. Jambu Biji


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang jauh lebih besar dibandingkan jeruk. Oleh karena itu buah ini lebih disarankan untuk dikonsumsi jika Anda membutuhkan asupan vitamin C yang cukup besar untuk tubuh. Selain itu, buah ini juga berkhasiat mencegah inflamasi tulang.

3. Nanas


Buah nanas mengandung sekitar 39 – 49 mg vitamin C pada setiap 125 ml atau setengah gelas buahnya. Selain vitamin C, nanas juga mengandung zat bromelain yang berguna sebagai pemecah protein pada makanan dan mengurangi rasa kembung di perut. Jadi, nanas bisa jadi alternatif untuk mengatasi perut kembung dan mual di perjalanan.

4. Stroberi


Buah yang umumnya hidup di dataran tinggi ini memiliki kandungan vitamin C yang juga tinggi, yaitu 52 mg untuk setiap 125 ml stroberi. Bukan hanya vitamin C, banyak kandungan lainnya dari buah ini, di antara adalah vitamin A, E, B kompleks, zat besi, iodium, kalium dan fluor.

5. Mangga


Sebenarnya mangga tidak memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak, namun buah ini bisa jadi rekomendasi untuk Anda konsumsi. Dalam setiap buahnya terkandung sekitar 29 mg vitamin C. Ada juga kandungan nutrisi lain dalam mangga, yaitu polifenol yang berfungsi mencegah usus besar dan kanker payudara.

6. Markisa


Buah yang biasanya dibuat menjadi sirop ini memiliki kandungan 72 mg vitamin C di setiap 100 gramnya. Ada banyak manfaat buah yang satu ini, di antara adalah untuk memperkuat sistem imun, mencegah tumbuhnya sel kanker dan menyehatkan jantung.

7. Tomat


Buah yang biasanya digunakan untuk membuat sambal ini memiliki kandungan 14,5 mg vitamin C pada setiap 50 gramnya. Selain itu juga tomat mengandung lycopene yang bermanfaat sebagai pembakar lemak, mengendalikan kolesterol dan pelindung otot jantung.

8. Alpukat


Satu buah alpukat sedikitnya mengandung 21 mg vitamin C. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin E, vitamin K, vitamin B6, zat besi, kalium dan asam folat. Bagi yang sedang dalam program diet, buah alpukat juga sangat baik dikonsumsi karena memberikan rasa kenyang.

Ada banyak buah mengandung vitamin C selain jeruk, bahkan memiliki kandungan yang lebih besar. Jadi jika Anda ingin menambah asupan vitamin C dalam tubuh, buah-buahan tersebut bisa jadi variasi menu harian selain jeruk.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar