--> Skip to main content

Resep Ikan Nila Bakar, Menu Buka Puasa Rendah Lemak untuk yang sedang Diet

"Ikan nila merupakan ikan rendah lemak yang kaya omega 3. Simak resep ikan bakar nila bagi Anda yang sedang diet."
resep ikan nila bakar
Foto: Cookpad

Ikan nila ternyata tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, namun juga dapat digunakan sebagai pilihan menu diet karena tergolong jenis makanan rendah lemak dan kaya omega 3. Cara memasak ikan nila yang paling pas untuk program diet adalah dibakar. Berikut resep ikan bakar nila yang lezat dan menggugah selera yang bisa menjadi pilihan menu buka puasa:

1. Resep Ikan Bakar Sederhana


Resep ikan bakar sederhana merupakan resep ikan bakar nila menggunakan bumbu-bumbu yang sederhana. Berikut cara mudah memasaknya:

Bahan yang perlu disiapkan:


- Ikan nila satu ekor
- Jeruk Nipis satu buah
- Minyak goreng secukupnya
- Kecap manis secukupmya

Bumbu yang perlu disiapkan:


- Bawang putih, 5-6 siung
- Bawang merah, 7-8 siung
- Ketumbar, 2 sendok teh
- Cabai rawit, 4-5 buah
- Jahe, 1 ruas
- Garam secukupnya

Cara membuat ikan bakar nila bumbu sederhana:


Ambil bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan garam lalu haluskan dan memarkan jahe. Selanjutnya bersihkan ikan dan buang isi perut ikannya. Lalu lumuri ikan dengan air jeruk nipis. Diamkan sejenak, lalu cuci kembali hingga bersih. Jeruk nipis tersebut berfungsi untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

Sesudah dicuci, lumuri ikan dengan bumbu yang telah dihaluskan. Diamkan selama 15 hingga 20 menit agar bumbu meresap ke dalam ikan. Lalu, lumuri ikan dengan mentega. Selanjutnya bakar ikan dengan api kecil sebentar. Lalu lumuri ikan dengan kecap manis dan bakar kembali hingga matang secara merata. Angkat lalau sajikan

2. Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning


Variasi resep ikan bakar nila yang bisa menjadi pilihan lain yaitu resep yang menggunakan bumbu kuning. Berikut cara membuatnya:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:


- Ikan nila satu ekor
- Kecap manis

Bumbu yang dihaluskan:


- Bawang merah sebanyak 4 siung
- Bawah putih sebanyak 2 siung
- Kemiri sebanyak 3 butir
- Bumbu kuning (dibuat dari lengkuas, kunyit, serai dan asam jawa yang dihaluskan dan dicampur)
- Garam secukupnya
- Merica secukupnya
- Minyak secukupnya

Cara membuatnya:


Bersihkan ikan nila lalu siapkan bumbu. Haluskan semua bumbu termasuk bumbu kuning, lalu lumurkan ke seluruh permukaan ikan nila. Diamkan sekitar 15 hingga 20 menit.

Selanjutnya olesi ikan dengan mentega atau minyak goreng lalu bakar sebentar. Lalu olesi ikan dengan kecap manis dan bakar kembali. Bolak balikkan ikan hingga ikan matang secara menyeluruh. Angkat lalu sajikan dengan sambal dan lalapan untuk membuat ikan bakar semakin istimewa.

Bagaimana, resep ikan bakar nila di atas cukup mudah dicoba kan? Selamat mencoba.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar