--> Skip to main content

10 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wanita

"Tahukah Anda bahwa daun sirsak memiliki segudang manfaat bagi kesehatan? Salah satunya adalah mengobati tumor"
manfaat daun sirsak
Background photo created by kjpargeter - www.freepik.com

GRam 2.0 - Buah sirsak adalah salah satu buah yang banyak digemari. Selain dari rasanya yang nikmat, banyak manfaat yang terkandung, seperti vitamin dan mineral. Namun tahukah Anda bahwa daun sirsak juga memiliki banyak manfaat?

Beberapa manfaat daun sirsak di antaranya adalah mengatasi beberapa masalah kesehatan serius seperti kolesterol, darah tinggi, asam urat, tumor hingga kanker. Bukan hanya itu, daun sirsak juga sangat baik untuk kesehatan kulit dan wajah. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini 10 manfaat daun sirsak yang sebaiknya Anda ketahui.

1. Diabetes


Diabetes umumnya terjadi akibat dari mengonsumsi makanan yang memiliki kadar gula tinggi. Oleh karena itu perlu upaya untuk menstabilkan gula darah dalam tubuh. Salah satu yang dapat mengatasinya adalah daun sirsak. Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi sehingga berguna mengatasi bahaya radikal bebas.

2. Kanker


Manfaat daun sirsak lainnya adalah mengobati beberapa jenis kanker, seperti paru-paru, payudara dan prostat. Untuk memanfaatkannya, terlebih dahulu pilih 10 daun sirsak yang sudah tua dan masih bagus, untuk direbus kemudian diminum airnya. Untuk hasil terbaik, bisa dilakukan selama sebulan setiap pagi.

3. Nyeri Punggung


Tidak seperti pengobatan kimia yang cenderung menimbulkan efek samping, obat herbal/alami lebih aman karena tanpa efek samping. Untuk nyeri punggung, salah satu obat alami yang disarankan adalah daun sirsak. Cara penggunaannya adalah dengan meminum air rebusan daun sirsak.

4. Eksim dan Rematik


Daun sirsak ternyata juga bermanfaat sebagai obat eksim atau rematik. Cara menggunakannya adalah dengan menumbuk beberapa daun sirsak hingga halus. Setelah itu balurkan pada bagian tubuh yang terasa nyeri akibat rematik atau terdapat eksim. Untuk hasil maksimal, lakukan 2x sehari secara rutin.

5. Mengobati Asam Urat


Manfaat selanjutnya yang perlu diketahui dari daun sirsak adalah untuk mengobati asam urat. Kandungan yang berfungsi demikian adalah annomuricin, caclourin, asam gentisic, asam linoleat, acetogenin dan annocatalin. Cara menggunakannya adalah dengan meminum air rebusan daun sirsak.

6. Meningkatkan Sistem Imun


Bukan hanya mengobati, daun sirsak juga bermanfaat untuk mencegah datangnya penyakit. Siapa saja dapat mengonsumsinya. Rebus sekitar 5 daun sirsak dalam wadah berisi 4 gelas air lalu biarkan hingga tersisa 1 gelas air. Minum air tersebut secara rutin setiap hari.

7. Mengobati Bisul


Manfaat daun sirsak lainnya adalah mengobati bisul. Cara penggunaannya sama seperti pengobatan pada rematik atau eksim. Hancurkan beberapa lembar daun sirsak lalu oleskan pada bagian yang terkena bisul.

8. Mencerahkan Wajah


Biasanya manfaat yang satu ini sangat digemari oleh wanita. Selain mengobat beberapa penyakit, daun sirsak juga berguna sebagai perawatan kecantikan, yaitu mencerahkan kulit wajah.

Cara penggunaannya adalah dengan memblender sekitar 10 lembar daun sirsak, tambah sedikit air dan aduk hingga rata. Setelah itu baru oleskan hingga rata dan diamkan hingga mengering lalu bilas.

9. Menurunkan Kolesterol Jahat


Kadar kolesterol tinggi akan sangat berbahaya bagi kesehatan karena bisa mengakibatkan komplikasi. Untuk itu perlu ditangani sedini mungkin. Salah satu cara alami adalah dengan menggunakan daun sirsak. Hal ini karena daun sirsak mengandung antioksidan yang dapat mengatasi kolesterol jahat. Caranya adalah dengan merebus beberapa daun lalu diminum airnya setiap hari.

10. Menghambat Pertumbuhan Tumor


Manfaat daun sirsak yang terakhir adalah menghambat pertumbuhan tumor. Hal ini karena kandungan yang ada di dalamnya mengandung antioksidan dan senyawa murisolin yang berguna sebagai anti tumor.

Nah, itulah 10 manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh Anda. Ternyata banyak sekali manfaat daun sirsak yang belum banyak diketahui.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar